BEKALI SKILL MENGAJAR, HMJ PBA UIN WALISONGO SEMARANG ADAKAN AMALIYAH TADRIS

       
Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ PBA) UIN Walisongo Semarang adakan kegiatan PBA Mengajar atau disebut dengan Amaliyah Tadris mulai tanggal  2 - 15 Juli 2023 di MTs Sadamiyyah Jepara. Kegiatan ini merupakan realisasi dari program kerja divisi pendidikan HMJ PBA UIN Walisongo Semarang. Selama dua minggu tersebut kegiatan PBA Mengajar diisi dengan beberapa program, yaitu mengajar Bahasa Arab di kelas, Ilqo'ul Mufrodat, Ngaji Safinatun Najah, Lomba Cerdas Cermat Arabic (LCCA) dan Outbond.

    Mengajar Bahasa Arab di kelas dimulai pada tanggal 3 – 13 Juli 2023. Pada minggu pertama, peserta PBA Mengajar ikut berpartisipasi pada kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) MTs Sadamiyyah Jepara. Pada minggu tersebut, siswa baru kelas VII diajarkan kosakata dasar Bahasa Arab seperti الألوان ، المدرسة، dan التعرف. Minggu berikutnya, hari Senin – Kamis, 9 – 13 Juli 2023 dilanjutkan dengan mengajar di kelas VIII dan IX. Adapun materi yang diajarkan adalah materi-materi dasar Bahasa Arab seperti العدد و المعدود، الجملة الفعلية، dan الجملة الفعلية. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan diselingi permainan supaya siswa tidak bosan dan jenuh. Siswa MTs Sadamiyyah sangat antusias mengikuti pembelajaran ini, antusiasme siswa dapat dilihat dari semangat dan keaktifan mereka ketika belajar di kelas.

    Kemudian, Ngaji Safinatun Najah, salah satu program dalam kegiatan PBA Mengajar dilaksanakan pada malam hari setelah sholat Maghrib. Adapun tujuan dari program ini adalah supaya siswa mengetahui teori dari fiqh ibadah terutama terkait wudhu dan sholat. Karena kurikulum yang ada di MTs Sadamiyyah Jepara terkait ibadah hanya dalam bentuk praktik saja, yaitu “Fasholatan”. Jadi, Ngaji Safinatun Najah merupakan pelengkap untuk kurikulum yang sudah ada di MTs Sadamiyyah Jepara. Program ini dilaksanakan selama dua hari saja, yaitu pada tanggal 12 – 13 Juli 2023.

    Adapun ilqo’ul mufrodat merupakan program yang dilaksanakan setelah sholat Isya’. Kosa kata yang disampaikan adalah kosa kata yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan pada hari berikutnya.Pembelajaran Bahasa Arab di kelas memang menyenangkan. Siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan gembira. Namun, belajar di kelas bukan satu-satunya cara untuk menimba ilmu. Maka dari itu, peserta PBA Mengajar mengadakan Lomba Cerdas Cermat Arabic (LCCA). Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab siswa MTs Sadamiyyah Jepara. Lomba ini diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII dan IX yang berjumlah 55 siswa. Lomba ini merupakan lomba kategori individu dan diambil juara 1, 2 dan 3.

    Lalu di hari terakhir, tepatnya pada Sabtu, 15 Juli 2023, MTs Sadamiyyah Jepara mengadakan outbond sebagai bagian dari kegiatan MOS. Peserta PBA Mengajar ikut berpartisipasi dalam kegiatan outbond tersebut sebagai panitia pelaksana. Dalam outbond tersebut peserta PBA Mengajar mengadakan tiga lomba, yaitu lomba estafet cup, lomba estafet karet, dan lomba tebak gaya. Salah satu lomba tersebut merupakan lomba yang berkaitan dengan Bahasa Arab, yaitu lomba tebak gaya. Dalam lomba ini, disajikan daftar nama hewan dalam Bahasa Arab, kemudian siswa dibagi menjadi empat kelompok. Salah satu siswa dari setiap kelompok menjadi peraga gaya dan anggota kelompok lainnya menebak gaya yang diperagakan menggunakan Bahasa Arab. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa dan menambah kosa kata baru terutama kosa kata tentang hewan.

    Kegiatan PBA Mengajar 2023 diikuti oleh siswa MTs Sadamiyyah Jepara dengan semangat dan antusias yang tinggi. Dalam acara penutupan Lomba Cerdas Cermat Arabic (LCCA), siswa kelas VIII dan IX diminta menuliskan kesan pesan untuk kegiatan program PBA Mengajar 2023. Kebanyakan siswa menuliskan bahwa mereka senang dengan diadakannya program PBA Mengajar. “Program PBA Mengajar seru dan menyenangkan karena ada banyak permainan” tulis salah satu siswa. Ada juga yg menulis “Untuk mengajar bagus banget, seru, banyak canda, intinya enak banget gak membosankan”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *